Wednesday, June 27, 2012

Tiga Tipe Manusia

Manusia adalah makhluk yang sempurna diantara makhluk lainnya. Selain diberi kewenangan menjadi pemimpin di muka bumi ini, manusia juga dibekali oleh Allah berupa potensi yang sangat luar biasa. Namun seiring waktu yang terus berputar maka seiring itu juga telah lahir tipe-tipe manusia sebgai Mahkluk yang sempurna.

Tipe tipe Manusia inilah yang menjadi penentu apakah mereka menjadi bahagian yang dicintai atau malah menjadi sampah yang layak untuk dibuang. Tiga tipe manusia itu adalah:

1. Tipe Mukmin

Tipe ini merupakan tipe terbaik untuk menjadi manusia seutuhnya yang selalu mensandarkan dirinya Kepada Allah semata. Manusia mukmin tidak saja meyakini keberadaan Allah sebagai Sang pencipta tetapi juga melaksanakan segala bentuk perintah dan larangan Allah sebagai bukti konkrit bahwa manusia yang mukmin adalah manusia yang selalu tahu bahwa dirinya adalah milik Allah dan akan kembali kepada Allah.

Menjadikan diri sebagai hamba yang pasrah dan selalu melaksanakan aturan aturan dari ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Allah dengan baik dan benar, dengan segala keikhlasan dalam menjalankannya adalah bentuk rasa pengabdian sejati yang hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang beriman kepada Allah dengan iman yang kokoh dan istiqomah.

Tpe mukmin selalu ditandai dengan rasa ketaqwaan kepada Allah yang terus menerus meningkat, peduli dengan sesama manusia dengan memberikan sebahagian rezeki yang ia miliki, menjadikan Al-quran sebagai petunjuk dengan mengikuti jejak rasulullah sebagai suri tauladan dan selalu ikhlas dalam berbuat kebaikan dengan bentuk apapun.

2. Tipe Munafik

Kucing berbulu macan, tikus berwujud marmud dan ular berbentuk tongkat merupakan kiasan yang tepat bila disandingkan dengan orang orang munafik. Munafik secara umum dapat dimaknai sebagai sifat manusia yang bila berkata selalu dibumbui dengan kebohongan, bila berjanji selalu terikat dengan keingkarannya dan bila mendapat amanah atau kepercayaan selalu memanfaatkannya dengan berkhianat.

Manusia munafik merupakan sebuah wujud nyata yang sangat berbahaya jika berada ditengah-tengah kehidupan kita. Berteman dengan manusia yang munafik ibarat Benalu yang sangkut dibatang pohon kelapa. Ibarat cabe yang dirubungi rerumputan. Berteman dengan orang munafik sama dengan memelihara singa yang suatu saat akan menerkam kita walaupun kita telah merawatnya dengan baik dan kasih sayang.

Manusia munafik adalah manusia yang tidak mempunyai pendirian, selalu plin plan dalam hidup, tidak punya tujuan dan hampa akan cita-cita.

Bayangkan saja jika seumur hidup kita selalu dibumbui kebohongan bak seperti film dan sinetron, apakah ada makna hidup ini?

Bayangkan saja jika hidup ini selalu mengombar-ombar janji tanpa pernah menepatinya, yakinlah jika ini terdapat dalam kehidupan kita, maka tidak secuilpun orang akan mempercayai kita lagi.

Bayangkan saja jika hidup selalu dihiasi dengan penghianatan, sakit rasanya jika kita dikhianati. Apa jadinya jika kita bertemu dengan manusia yang pernah mengkhianati kita?

3. Tipe Kafir

Pernah melihat orang gila, ya itulah gambaran orang kafir sesungguhnya. Kenapa? Lihat saja..orang gila adalah orang yang tidak akan pernah mampu memaknai kehidupan ini, tidak tahu dirinya sendiri, dan tidak mau diberi sesuatu yang patut untuk diminta.

Manusia kafir merupakan manusia yang sudah ditutup pintu hati mereka, penglihatan mereka secara hakikat kebenaran, pendengaran mereka yang semua itu tidak lagi bekerja sebagaimana semestinya. Seperti orang gila yang tidak lagi mampu mengkontrol otaknya sehingga tingkah laku yang ia lakukan merupakan perbuatan diluar kebiasaan orang yang waras.

Manusia kafir adalah manusia yang diberi Nasehat atau tidak diberi nasehat sama saja bagi mereka, hal ini karena mereka tak ada bedanya dengan mereka-mereka yang tidak lagi mampu mengendalikan otak dan pikiran mereka atau bisa kita katakan sebgai orang GILA.

Oleh Ibrahim Lubis, MA

Jika Anda Tertarik untuk mengcopy Artikel ini, maka secara ikhlas  saya mengijinkannya, tapi saya berharap sobat menaruh link saya ya..saya yakin Sobat orang yang baik. selain Artikel Tiga Tipe Manusia, anda dapat membaca Artikel atau Makalah lainnya di Aneka Ragam Makalah. dan Jika Anda Ingin Berbagi Makalah  Anda ke blog saya silahkan anda klik disini. Salam saya Ibrahim Lubis. email :ibrahimstwo0@gmail.com

No comments:

Post a Comment